Friday, December 21, 2012

Cloning Windows 7 Berbeda Hardware

mungkin agan agan semua pernah instal win7 di beberapa komputer dan hardwarenya berbeda-beda. tentunya harus instal satu-satu, dan cukup memakan waktu yang lama. bayangkan kalau harus menginstal 5 komputer aja,...udah buang waktu banyak.
Ane udah praktekin sendiri untuk windows 7 ultimate (program yang tersiinstal windows+office) dan dikloningkan ke pc yang berbeda hardware.

nih caranya sederhana saja:
1. Install windows 7 di komputer yang nantinya OS nya akan dikloning (untuk percobaan ini TS instal di Mobo biostar, Ram 2 giga, prosesor AMD X2).
2. Setelah instalasi selesai, jangan diinstall driver dari motherboard tersebut., langsung instal aplikasi atau software yang diperlukan.
3. setelah software yang diperlukan udah diinstall semua, lakukan langkah ini :
masuk ke command prompt (ketik cmd), kemudian ke root C
kemudian ketik perintah ini
C:\windows\system32\sysprep\sysprep.exe /oobe /generalize /shutdown
4. tunggu sampai proses ini selesai,...apabila sudah selesai maka komputer otomatis akan shutdown.
5. Jika udah selesai tinggal di kloning hardisk atau partisi tersebut (kalau partisinya ada 2, system reserved dan system boot) dengan norton ghost atau acronic.
6. Coba hasil kloningan ke hardware yang lain (TS coba di Mobo Asus, ram 2 giga, prosesor celeron 1.8) ..jelas beda banget hardwarenya...
7. tunggu beberapa saat pada waktu booting awal,...trus akan diminta untuk memasukkan language, time zone, keyboard,...etc
8. juga akan minta user account yang baru (isi sesuka agan,..yang penting jangan sama ama user account yang dibuat pada waktu bikin master untuk cloningnya)
10. login dengan user account agan yang baru,... (di dalam user account akan muncul 2 user,...terserah mau dipake dua-duanya atau mau dihapus satu serserah agan..)

Sumber: http://palembanghackerlink.com/showthread.php?tid=1997

4 komentar: